Minuman Ringan Bebas Gula Tetap Bisa Bikin Gemuk

  • : Function ereg() is deprecated in /home/sloki/user/t61214/sites/fai-kao.com/www/includes/file.inc on line 647.
  • : Function ereg() is deprecated in /home/sloki/user/t61214/sites/fai-kao.com/www/includes/file.inc on line 647.
  • : Function ereg() is deprecated in /home/sloki/user/t61214/sites/fai-kao.com/www/includes/file.inc on line 647.
  • : Function ereg() is deprecated in /home/sloki/user/t61214/sites/fai-kao.com/www/includes/file.inc on line 647.
  • : Function ereg() is deprecated in /home/sloki/user/t61214/sites/fai-kao.com/www/includes/file.inc on line 647.
  • : Function ereg() is deprecated in /home/sloki/user/t61214/sites/fai-kao.com/www/includes/file.inc on line 647.
  • : Function ereg() is deprecated in /home/sloki/user/t61214/sites/fai-kao.com/www/includes/file.inc on line 647.
  • : Function ereg() is deprecated in /home/sloki/user/t61214/sites/fai-kao.com/www/includes/file.inc on line 647.
  • : Function ereg() is deprecated in /home/sloki/user/t61214/sites/fai-kao.com/www/includes/file.inc on line 647.
  • : Function ereg() is deprecated in /home/sloki/user/t61214/sites/fai-kao.com/www/includes/file.inc on line 647.

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Austin, Texas, Di pasaran banyak ditemukan minuman ringan berlabel sugar-free alias bebas gula, seolah-olah jika diminum tidak akan bikin gemuk. Padahal pemanis buatan dalam minuman tersebut bisa membuat lingkar pinggang melebar 6 kali lebih cepat.

Konsumen sering terjebak dengan istilah-istilah sugar free, low calorie atau diet soda. Meski tidak menggunakan gula, minuman yang diberi label semacam itu tetap menggunakan pemanis buatan seperti aspartame sebagai pengganti gula sukrosa atau fruktosa.

Secara teori, pemanis buatan seperti aspartame memang mengandung kalori yang jauh lebih rendah dibanding gula biasa bahkan ada yang benar-benar bebas kalori. Namun dalam kaitannya dengan peningkatan berat badan, pemanis buatan tidak sepenuhnya aman.

Dalam penelitian terbaru yang dilakukan di University of Texas terungkap, orang-orang yang rutin mengonsumsi minuman kemasan berlabel bebas gula mengalami peningkatan berat badan lebih cepat, yakni 5-6 kali lipat. Penelitian ini melibatkan 474 orang selama 10 tahun.

Pada relawan yang mengonsumsi minuman bebas gula, lingkar pinggang mengalami peningkatan rata-rata 70 persen lebih besar dibandingkan kelompok yang tidak mengonsumsinya. Peningkatan paling tinggi yang teramati mencapai 500-600 persen atau sekitar 6 kali lipat.

"Data dalam penelitian ini menunjukkan bahwa diet-soda dan minuman berpemanis buatan lainnya tidak sesehat yang digembar-gemborkan," ungkap sang peneliti, Prof Helen Hazuda seperti dikutip dari Telegraph, Kamis (30/6/2011).

Pemanis buatan diduga memang tidak secara langsung mempengaruhi berat badan. Namun diyakini, promosi bahwa pemanis buatan lebih sehat mendorong seseorang untuk merasa lebih aman sehingga terkadang melupakan diet yang sehat saat mengonsumsi makanan dan minuman lainnya.

Sumber :

http:/ /www.detikhealth.com/read/2011/06/30/083259/1671419/763/minuman-ringan-bebas-gula-tetap-bisa-bikin-gemuk?l991101755

 


Post new comment

The content of this field is kept private and will not be shown publicly.
Add image
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • You may use <swf file="song.mp3"> to display Flash files inline
  • Images can be added to this post.

More information about formatting options

CAPTCHA
This question is for testing whether you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
Image CAPTCHA
Copy the characters (respecting upper/lower case) from the image.