Cerita kecil anthurium ku di Bulan November 2008

Cerita Anthurium Nov 08Dunia tanaman Hias kelihatannya sedang ditempa kelesuan yang cukup drastis. Akan tetapi bagi sebagian besar Hobiis, akan tetap bercerita lain, dengan kata lain, hoby adalah tetap hoby, sehingga persoalan harga kadang bukan menjadi ukuran.

Namun, dengan persaingan harga yang sekarang-sekarang terjadi ini, sejujurnya membuat investasi di dunia tanaman hias oleh sebagian yang "tadinya berminat" harus lebih cermat dan hati-hati. Penulis termasuk salah satu yang mencoba berikhtiar untuk berinvestasi dalam dunia tanaman hias ini, yang melihat keadaan sekarang kadang-kadang sering terlintas dalam fikiran untuk "putus asa". Putus asa dalam artian yang bukan negatif , ( "....mana ada putus asa itu positif..?...."). Maksud saya adalah, saya semakin menjadi bertanya-tanya, kenapa kok sesama penjual atau investor di dunia yang sama, saling menjatuhkan harga ya....? apa ada yang salah ataukal memang ini hukum rimba...? yang jelas hukum pasar iya (kalee....) Memang sih...... sebagian penjual mungkin berfikir, "ngapain bertahan di harga yang tinggi?!, kalau "pribadi saya" punya kebutuhan... toh, sekarang peminat sepi... yang penting asal kejual saja.... Nah.... mungkin beberapa bersumber dari pendapat itu kalee, sehingga setiap penjual ramai-ramai menjual harga semurah mungkin. Terus terang, sebagian penilai yang telah menilai bahwa bisnis tanamah hias ini mirip dengan saham, akan bergembira hati dengan kenyataan yang ada. Yah.... mirip-mirip isu penjualan saham bakrie lah..... yang pada saat diperlukan segera (untuk kepentingan internal mendesak) dijuallah dengan harga murah....... Hal ini juga kadang membuat saya berfikir, "apakah saya masih bergairah atau bersemangat atau serius investasi di tanaman hias..?"  Tentu saya tetap bersemangat, buktinya, dak atap saya mau saya rubah menjadi kandang tanaman hias, untuk saya rawat sendiri. Mengapa..? karena saya berinvestasi ini berangkat dari hobi saya sendiri di tanaman hias. Sehingga saya sih menjalani dengan semampu saya saja, yang walaupun cukup menyesali juga semakin banyak antar sesama penjual menjual barangnya rebutan harga semurah-murahnya, yang sedikit membuat orang yang telah berinvestasi besar-besaran frustasi dan mungkin bias jadi akan memandang tanaman hias ini "bermasa depan buruk".

Dalam masalah berinvestasi tanaman hias, Mungkin benar menurut pak Reynald Kassali, yaitu (kurang lebih) "yang lebih beruntung adalah pure pedagang." Dan menurut saya, akan lebih beruntung lagi pedagang yang mampu bekerja sama dengan para petani tetap untuk menjualkan barangnya dengan negosiasi harga sesuai keadaan. Sehingga akan menjadi cenderung "zerro Risk". Tapi tentu donk dengan syarat dan ketentuan berlaku serta disepakati bersama oelh petani dan penjual.

tapi ya sudahlah, Dengan pertolongan Allah SWT, semoga usaha ini akan tetap berjalan dan memberkahi keluarga. Amiin..

Stop dulu unek-uneknya, berikut cerita sedikit dengan beberapa anthurium-ku. Beberapa anthurium ku di dak rumah, ada yang unik, Bibitan neo superboom ku ada yang keluar pupus sampai 3 pupus (baca : anthurium neo superboom rumpun 3) , pertama 2 pupus keluar bersamaan, dan disusul yang ketiga. Akan tetapi yang ketiga daun pertama yang keluar berupa daun "cagak" atau pecah 2 seperti photo di bawah ini.

Neo Superboom kondisi awal (1 pupus) Tampak atas pupus cagak tampak bawah

Akan tetapi, sungguh di luar dugaan, daun cagak tersebut patah tangkainya, karena waktu hujan deras, ternyata shade net nya, cembung ke bawah sehingga air turun dengan menerus (bukan menetes) tepat di daun cagak.... Sediiih... rasanya... padahal kalau berhasil cagak lagi di pupus kedua, mau dijadikan koleksi ekslusif....

Black beautyPhoto di samping adalah black beauty ukuran kurang lebih panjang daun 8-10cm, berkarakter sangat bagus, ber list tegas. Perhatikan gambarnya. Bagi yang berminat, silahkan hubungi saya, Yang di photo ini hanyalah sample yang ada di rumah, dan tidak di jual. Kalau ada yang minat silahkan pesan, tetapi barangnya di simpan di Karang pandan.... (ada deh.......)

Kalau semaian biji jenmanii ini, sebenarnya bermula dari percobaan semai biji di bawah shade net tanpa plastik, sehingga disaat hujan dan terik matahari, semaian ini akan merasakannya. Photo berikut saya ambil d iakhir Oktober 2008. Sebenarnya belum saya mau jual sih, tetapi kalau mau berminat, silahkan klik disini untuk stock lainnya.

Demikian cerita yang mungkin tidak seru di saat pergolakan politik sekarang ini....

Salam

Dede meki


cerita yang menarik ni mas ,

hehehe.... ada rencana lain

hehehe....
ada rencana lain dibalik semua ini ... dan keknya emang gitu...
semua pasti ada rencana lain dari Sang Pemilik Jagad :)

salam..

masdhenk


maksudnya pedagang yang

maksudnya pedagang yang "pure pedagang" ga bakalan sembarangan menjatuhkan harga? :)


I have absolutely no idea

I have absolutely no idea what I am trying to read right now, but this topic is really interesting I can only understand the title. - Bobby Price


Post new comment

The content of this field is kept private and will not be shown publicly.
Add image
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Images can be added to this post.

More information about formatting options

CAPTCHA
This question is for testing whether you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
Image CAPTCHA
Copy the characters (respecting upper/lower case) from the image.